Hukum dan Cara Bergaul Dengan Orang Nasrani

 Hukum dan Cara Bergaul Dengan Orang Nasrani
Pertanyaan : Bagaimana cara bergaul dengan orang dekat Nasrani, baik di sekolah atau rumah? apakah boleh aku menjenguk nya serta mengucapkan selamat pada hari rayanya?


Jawab : Boleh bergaul dengan orang dekat yang beragama Nasrani dengan berbuat baik kepadanya, membantunya dalam perkara-perkara yang dibolehkan (dalam hukum Islam)
dan mengunjunginya dalam rangka mengajaknya kepada agama Allah Ta'ala; semoga Allah memberinya hidayah kepada Islam.
Adapun menghadiri dan mengucapkan selamat atas peringatan hari raya mereka maka yang demikian itu tidak boleh, berdasarkan firman Allah Subahanah :

{وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ} [المائدة:2]

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (QS. Al-maidah : 2)


Karena menghadiri dan mengucapkan selamat atas peringatan hari raya mereka merupakan jenis loyalitas yang terlarang, dan demikian pula menjadikan mereka sebagai teman.

Hanya dari Allah saja segala taufiq, dan sholawat serta salam semoga terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabat-sahabat beliau.

Ref. Majmu' Fatawa Al-lajnah Ad-daimah, Jilid 17







Sumber : http://www.alftwa.com/v/c954f22eebb42dfb/




Teks asli :

كيفية التعامل مع النصراني المجاور في السكن أو المدرسة
السؤال: ما كيفية التعامل مع النصراني المجاور في السكن أو في المدرسة؟ وهل أزوره وأهنئه في أعيادهم؟
الإجابة: يجوز التعامل مع النصراني المجاور بالإحسان إليه ومساعدته في الأمور المباحة والبر به وزيارته لدعوته إلى الله تعالى؛ لعل الله أن يهديه للإسلام.
وأما حضور أعيادهم وتهنئتهم بها فلا يجوز ذلك؛ لقول الله سبحانه: {وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ} [المائدة:2]؛ لأن حضور أعيادهم والتهنئة نوع من الموالاة المحرمة، وهكذا اتخاذهم أصدقاء.
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ

مجموع فتاوى اللجنة الدائمة بالسعودية - المجلد السابع عشر (العقيدة).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »