Bantuan Untuk Muslim Myanmar Lebih Prioritas

Bantuan Untuk Muslim Myanmar Lebih Prioritas- (Endonesia.ga) Sebagaimana diketahui, Muslim Myanmar tengah mengalami musibah pembantaian yang dilakukan oleh terrorists extreamist budha, sudah ratusan muslim menjadi korban keganasan kaum terorist tsb. dan ribuan orang telah terusir dari tempat tinggal mereka.

Sebagai Muslim, kita wajib menolong sesama muslim lainnnya yang tertindas karena muslim itu bersaudara, penderitaan mereka adalah penderitaan kita.

Secara umum hak setiap muslim terhadap muslim terhadap muslim yang lain adalah sama, tapi dari segi prioritas ada yang lebih utama dibanding yang lain, sebagaimana firman Allah :

"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri," (QS. An-nisa : 36)

Diantara manusia yang wajib kita prioritaskan dalam santunan (berbuat ihsan) dalam ayat diatas setelah dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin adalah tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh. Hak-hak tetangga sangat ditekankan oleh Islam, terdapat Hadits yang sangat banyak tentang hak-hak tetangga, diantaranya sabda Rasulullah (ﷺ) :

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, janganlah ia menyakiti tetangganya, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia berkata baik atau diam." (HR. Bukhari dan Muslim)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir hendaknya ia berbuat baik kepada tetangganya.." (Sunan Ibn Majah 3672)

Dalam konteks negara, Muslim Myanmar merupakan tetangga negara kita yang dari segi prioritas lebih berhak untuk menerima santunan kita -untuk saat ini- dibanding negara lain  yang lebih jauh, maka hendaknya fokus bantuan muslim Indonesia memperhatikan skala prioritas.

Tulisan ini samasekali tidak mengajak mengabaikan hak-hak muslim yang lainnya yang sedang mengalami penderitaan di berbagai belahan dunia, bahkan itu adalah kewajiban, tapi yang kami maksud adalah fokus perhatian kita hendaknya berdasarkan skala prioritas yang telah digariskan oleh Syari'at, mungkin jika fokus kita kepada tetangga jauh itu 30 % maka fokus kepada tetangga dekat hendaknya 70 %.

Demikian pembahasan Bantuan Untuk Muslim Myanmar Lebih Prioritas, Wallahu'alam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »