Arab Saudi Mengumumkan Bahwa Puasa Ramadhan 1436 H Jatuh Pada Hari Kamis 18 Juni 2015





Situs berita Sabq.org memberitakan, Dewan Kerajaan Saudi Arabia mengumumkan , beberapa saat yang lalu, bahwa besok, Rabu adalah melengkapi hari ketiga puluh bulan Shaaban, dan pada hari Kamis  merupakan hari pertama bulan Ramadhan, mengacu pada keputusan Mahkamah Agung tentang kurangnya bukti penampakan bulan sabit Ramadhan Tahun ini 1436 H, sore ini Selasa tanggal sembilan bulan Shaban.

Keterangan dari Dewan Kerajaan Arab Saudi



Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan sebagai berikut:

Mahkamah Agung telah mengadakan rapat di kantor musim panas nya di Taif, sesi, pada Selasa malam, ini dua puluh sembilan bulan Sya'ban 1436 H, dalam rangka membahas penampakan hilal Ramadhan untuk tahun 1436 H. Hasil dari rapat tertuang pada surat Resolusi No. 72 /h , tanggal 29-30/8/1436 H :

Segala puji bagi Allah saja dan Selawat dan kedamaian kami Nabi Muhammad dan keluarganya :

Pengadilan telah melihat apa tanggapan dari saksi tentang penampakan bulan sabit Ramadhan untuk tahun1436 H , setelah dipelajari dan diamati, karena kurangnya bukti penampakan bulan sabit bulan Ramadhan malam ini Selasa, tanggal dua puluh sembilan bulan Sya'ban tahun 1436 H, dan atas pertimbangan sabda Nabi صلى الله عليه و سلم :

"Jika (bulan sabit) tidak tampak, maka genapilah hitungan (bulan syaban) tiga puluh hari"
 (HR. Bukhari Muslim, dan Lafadzhnya oleh Bukhari)
Dalam redaksi yang lain disebutkan "Maka genapilah bilangan bulan syaban 30 hari".

Maka dari itu, Mahkamah Agung menetapkan bahwa hari rabu, 30 / 8 / 1436 H berdasarkan  pengkalenderan Ummul Quro, adalah kegenapan 30 hari bulan syaban 1436 H, dan hari kamis  1 / 9 / 1436 H menurut pengkalenderan Ummul Quro adalah hari pertama bulan Ramadhan yang mulia untuk tahun ini 1436 H.

Mahkamah Agung mengucapkan selamat kepada Raja Arab Saudi Khadimul Haramain, putra mahkota, wakil puta mahkota, jajaran pemerintahan, dan seluruh rakyat Saudi Arabia yang muslim atas datangnya bulan Ramadhan yang mulia, dengan memohon kepada Allah yang maha tinggi lagi berkuasa agar Ia menolong kaum kaum muslimin dalam puasa dan ibadah mereka, agar menerima segala amal sholeh mereka, serta menyatukan barisan dan suara mereka, dan mendamaikan diantara mereka, dan semoga memenangkan agama Nya dan meninggikan kalimat Nya, sesungguhnya Dia maha mendengar, maha dekat dan maha mengabulkan doa. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarga dan shabat-sahabatnya semua.

Ketua dan Anggota anggota Mahkamah :

Anggota anggota
 
Abdulaziz bin Ibrahim Al-hushain
Mohammed bin Syuraim Asy-sya'bi
Suleiman bin Ibrahim al-Hadudaitsi
Ahmed bin Hamad Al-Mazru'
Saad bin Mohammed Al-Ghamdi
Abdullah bin Abdulrahman al-Qasim
Ahmed bin Maqbul Hakami
Abdulaziz bin Abdullah AlMujli As sabi'i


Presiden Mahkamah Agung

Ghaihab bin Mohammed Al Ghaihab.

Baca juga artikel tentang :  Puasa Rajab dan Amalan Khusus Bulan Rajab, Adakah?


Demikian berita tentang  Arab Saudi Mengumumkan Bahwa Ramadhan 1436 H Jatuh Pada Hari Kamis 18 Juni 2015

Artikel Terkait

Previous
Next Post »