Gunakanlah Bingkai Dalam Berpikir

bingkai otak (berpikir)
Menempatkan sesuatu pada bingkai (frame) nya secara benar sangat penting dalam rangka memahami masalah dengan tepat, banyak orang  tidak dapat memahami dan salah faham terhadap suatu permasalahan karena ia meletakkannya pada bingkai yang tidak tepat, contoh yang jelas dalam hal ini adalah : kaum sekuler menuduh bahwa hukum islam tidak adil dalam membagi warisan kepada wanita, karena Islam menjadikan bagian wanita setengah dari bagian laki-laki.

Tuduhan ini menunjukkan kebodohan mereka dalam berpikir, karena mereka meletakkan suatu permasalahan bukan pada bingkai yang benar, mereka meletakkan masalah pembagian harta warisan islami kedalam bingkai pemikiran sekuler yang tidak mengakui hukum tuhan sebagai landasan.

Seandainya mereka melihat masalah pembagian warisan ini dengan bingkai nya yang tepat yaitu bingkai Islam maka akan jelas tampak keadilan Islam dimata mereka. Banyak alasan kenapa Allah Ta'ala menjadikan bagian wanita setengah dari bagian laki-laki, diantaranya adalah pada harta laki-laki dalam Islam terdapat hak orang lain seperti kewajiban menafkahi keluarganya baik anak maupun Istri dll, sedangkan harta wanita adalah miliknya sendiri yang tidak boleh diganggu-gugat (selengkapnya pada pembahasan fiqh Islami).

Oleh karena itu Allah memerintahkan kita agar mengadopsi Ajaran Islam secara menyeluruh, karena Islam adalah sistem hidup yang menyeluruh dan lengkap dimana setiap komponennya saling melengkapi, jika salah satu komponen tidak berfungsi maka akan berpengaruh pada seluruh komponen yang ada, Allah berfirman :






"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu." 

 (QS. Al-baqarah : 208)


Wallahu'alam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »