Meninggalkan Sholat dan Amalan Karena Takut Riya ?

Meninggalkan Sholat Karena Takut Riya ?
Meninggalkan Sholat Karena Takut Riya ?-

Pertanyaan :

Ayahku menyuruhku sholat, tapi setiap kali aku hendak sholat aku melihat beliau selalu mengawasiku, bolehkah aku meninggalkan sholat karena takut riya?

Jawab : 

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد


Tidak boleh engkau meninggalkan sholat dengan alasan takut riya, ketahuilah bahwa itu termasuk dari bisikan (was-was) yang bersumber dari syaitan yang ingin menghalangimu dari ketaatan kepada Allah, maka kalahkanlah (bisikan) syaitan itu dan peliharalah sholatmu sekalipun ayahmu atau orang lain melihatmu mengerjakan sholat. 

Ketahui pula bahwa beramal karena manusia itu terlarang, begitu juga meninggalkan amal karena manusia terlarang pula. Sebagimana dikatakan oleh Fudhail bin Iyadh :

"Meninggalkan amalan karena manusia adalah riya', sedangkan beramal karena manusia adalah syirik"

Wallahu'alam

Sumber : http://ar.islamway.net

Tambahan :

Permasalahan ini bukan hanya pada sholat, tapi termasuk seluruh amal ibadah. Seseorang tidak boleh meninggalkan amal ibadah hanya karena takut dilihat orang (riya') tapi hendaknya dia beramal sekaligus berusaha sekuat tenaga untuk menepis riya' dihatinya dan berusaha mengikhlaskan niat hanya kepada Allah, terutama amalan-amalan yang merupakan syi'ar Islam yang diharuskan untuk diamalkan bersama manusia seperti sholat berjama'ah.

Namun disana ada sebagian amal yang dianjurkan untuk ditutupi, terutama amalan-amalan sunnah, seperti sholat sunnah, shodaqoh dsb. 

Seseorang hendaknya berlaku balance (seimbang) dalam beramal, artinya selain ia melakukan amal-amal zhahir juga hendaknya memperbanyak amal-amal yang tidak tampak, diharapkan dengan begitu ia telah menabung kebaikan-kebaikan yang berguna di akhirat kelak. Meninggalkan Sholat Karena Takut Riya ?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »