Apa Sih 5 Pokok Kehidupan ?

Apa Sih 5 Pokok Kehidupan ?
Apa Sih 5 Pokok Kehidupan ?- Agama Islam datang untuk menjaga 5 (lima) pokok kehidupan, syari'at (hukum) islam diberlakukan dalam rangka menjaga 5 pokok tersebut, jika kita cermati dan teliti maksud dari diberlakukannya semua hukum-hukum dalam Islam baik kecil maupun besar maka kita akan menemukan pokok atau dasarnya adalah dalam rangka memelihara 5 hal ini, baik langsung maupun tidak langsung.

Nah, berikut kami akan menyebutkan apa saja 5 (lima) pokok kehidupan tersebut beserta sedikit contoh peran hukum Islam dalam menjaganya :

  1.  Islam datang untuk menjaga Agama dan ia merupakan prioritas diatas segalanya termasuk jiwa, disaat seseorang harus memilih untuk mengorbankan jiwa atau agamanya maka ia harus mengutamakan keselamatan agama, karena agama merupakan kunci kehidupan akhirat, oleh karena itu disyari'atkan untuk berjihad dijalan Allah untuk tegaknya agama sekalipun jiwa sebagai taruhannya.
  2. Islam datang untuk menjaga Jiwa, oleh karena itu Islam mengharamkan pembunuhan kecuali dengan untuk menegakkan hukum seperti hukum Qishas.
  3.  Islam datang untuk menjaga keturunan, maka diharamkan perzinaan.
  4. Islam datang untuk menjaga harta, maka diharamkanlah pencurian dan riba.
  5. Islam datang untuk menjaga akal, oleh sebab itu Islam mengharamkan untuk meminum minuman yang memabukkan, dan segala sesuatu yang menyebabkan hilangnya akal.
Demikianlah  5 Pokok Kehidupan kami bahas secara ringkas.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »