Sangkakala Berbunyi Tanda Panggilan Kudus?, Bagaimana Menurut Pandangan Islam

 
Sangkakala Berbunyi Tanda Panggilan Kudus?, Bagaimana Menurut Pandangan Islam
Ilustrasi : sangkakala
Sangkakala Berbunyi Tanda Panggilan Kudus?, Bagaimana Menurut Pandangan Islam-
Baru-baru ini sedang marak pembahasan tentang Sangkakala, sebabnya karena sebuah fenomena yang terjadi di langit, yaitu suara yang aneh yang memunculkan berbagai spekulasi tentang suara apakah itu, ada yang mengatakan suara Alien, dan banyak juga yang menafsirkan bahwa itu suara sangkakala. Lalu, benarkah itu suara sangkakala? bagaimana menurut pandangan Islam tentangnya, tulisan berikut, kami akan mencoba menjelaskan nya secara ringkas.

Makna Sangkakala

Sangkakala dalam Al-quran maupun As-sunnah dinamakana Ash-shuur, yang bermakna : Tanduk yang menyerupai terompet. Nabi صلى الله عليه و سلم pernah ditanya tentang makna Ash-shuur dan beliau menafsirkannya dengan sesuatu yang dikenal oleh orang arab dalam bahasa mereka, seperti yang terdapat dalam Sunan At-turmudzi (3244) dan selainnya dari Abdullah bin Amr berkata, seorang badui bertanya : wahai Rasulullah, apa itu Ash-shuur? Beliau menjawab : yaitu tanduk yang di tiup. (Disahihkan oleh Al-albani, dalam As-sahiihah (1080).

Siapa Yang Meniup Sangkakala?

Adapun Malaikat yang akan meniup sangkakala adalah malaikat Israfil sebaimana yang telah masyhur, sebagian ulama menyebutkan adanya suatu Ijma' (konsensus) para ulama tentangnya, bahkan dalam sebagian hadits disebutkan secara jelas bahwa yang bertugas meniup sangkakala adalaah malaikat Israfil. (lih. Fathul bari, 11/368)

Nabi صلى الله عليه و سلم telah mengabarkan bahwa Malaikat yang bertugas meniup sangkakala sudah bersiap-siap untuk melakukan tugasnya sejak Allah menciptakannya.

Berapa Kali Sangkakala Sitiup?

Manyoritas para ulama berpendapat bahwa peniupan sangkakala terjadi dua kali, tiupan yang pertama menyebakan matinya seluruh makhluk hidup baik yang di langit maupun di bumi, dan tiupan yang kedua adalah untuk kebangkitan, dalilnya adalah firman Allah Ta'ala :

" Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing). "(QS. Az-zumr : 68)

Penutup

Hendaklah setiap muslim bersiap-siap untuk menghadapi hari kiamat, yaitu hari ketika sangkakala ditiupkan, hari yang sungguh menakutkan. Hendaklah kita bersiap siap dengan memperbanyak amal sholih dan menjauhi segala perbuatan mungkar, mudah-mudahan Allah memudahkan hari itu untuk kita semua.

Demikian pembahasan tentang Sangkakala Berbunyi Tanda Panggilan Kudus?, Bagaimana Menurut Pandangan Islam mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua dan menjadi ilmu yang bermanfaat, Amin.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »